• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • Tlp: 085224900575
  • SMS/WA: 085224900575
  • admin@pupukorganiknasa.com
Terpopuler:

Dosis Pupuk Kelapa Sawit

01 February 2017 - Kategori Blog

Dosis Pupuk Kelapa Sawit– Pemupukan kelapa sawit dengan baik disertai dosis pupuk yang tepat tentu sangat berpengaruh terhadap produktivitas buah sawit yang dihasilkan. Lalu bagaimana cara pemupukannya? Dosis dan jenis pupuk sawit apa saja yang digunakan? Mari kita ikuti penjelasan di sini.

Dosis Pupuk Kelapa Sawit yang paling tepat bisa anda dapatkan di sini. Memiliki kebun kelapa sawit adalah salah satu kekayaan yang dapat berkembang pesat. Lebih lagi kebun kelapa sawit yang dikelola dapat membuahkan hasil panen yang maksimal. Namun untuk memiliki kebun kelapa sawit yang unggul tidak semua orang bisa memilikinya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila kita ingin budidaya kelapa sawit cepat sukses. Jika syarat tersebut telah kita penuhi, maka harapan untuk mendapatkan hasil panen buah sawit akan kita dapatkan. Bayangkan jika anda memiliki banyak kebun sawit dan rata-rata semuanya merupakan sawit unggulan. Dapat dipastikan anda adalah orang yang sukses dan banyak uang. Namun yang menjadi masalah dalam budidaya kelapa sawit adalah banyak para petani yang mengeluhkan hasil panen yang kurang maksimal, pohon kelapa sawit tidak mau berbuah, kalaupun berbuah hanya sedikit dan itupun juga tidak maksimal. Akhirnya banyak para petani kelapa sawit yang beralih profesi.

Sebenarnya memasimalkan kelapa sawit agar mau berbuah lebat dan unggul itu cukup mudah. Jika anda termasuk orang yang masih awan dalam masalahn budidaya kelapa sawit, maka bisa anda pelajari bagaimana cara budidaya kelapa sawit cepat sukses.

Ketika anda memutuskan untuk membudidayakan kelapa sawit sebagai lahan perkebunan yang dapat menghasilkan keuntungan, maka salah satu syaratnya adalah anda harus memahami bagaimana proses dalam pemupukan kelapa sawit dan dosis pemupukan kelapa sawit yang tepat. Karena pupuk merupakan nutrisi penting yang dapat menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam budidaya kelapa sawit. Banyak orang yang bertanya seperti ini, “Berapa sih dosis pemupukan kelapa sawit yang benar dan tepat?” Karena kebanyakan para petani salah dalam memberikan dosis pemupukan kelapa sawit, sehingga pertumbuhan buah kelapa sawit tidak maksimal. Nah berikut ini dasar-pertanian akan bagikan sedikit informasi tentang Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Yang Paling Tepat. Jadi silahkan anda baca dan pahami agar nanti ketika anda mau memupuk kelapa sawit bisa dilakukan dengan cara yang tepat.

READ  Ini Dia Jenis-jenis Pupuk Kelapa Sawit Yang Wajib Anda Tahu

Inilah Dosis Pupuk Kelapa Sawit Yang Paling Tepat

Tahukah anda apa saja kandungan yang dibutuhkan tanaman kelapa sawit agar dapat tumbuh berkembang dan menghasilkan buah yang unggul dan berkualitas? Maka dari itu pupuk yang digunakan juga harus mengandung unsur-unsur tersebut. Perlu diketahui bahwa pupuk yang akan diberikan untuk tanaman kelapa sawit harus mengandung unsur natrium, fosfor, kalium, magnesium, dan boron. Untuk jensi pupuk yang bisa digunakan pada tanaman kelapa sawit ini seperti pupuk urea, KCI, TSP, dan kiserit. Anda juga bisa memberikan pupuk tambahan guna mendukung pertumbuhan kelapa sawit, seperti dolomit, Borax atau Boron deficiency. Berikut ini merupakan dosis pemupukan kelapa sawit yang tepat untuk tanaman kelapa sawit yang berumur 0-3 tahun.

  • Pupuk dengan urea dua kali dalam satu tahun dengan anjuran dosis 0,4-0,6 setiap tanaman.
  • Pupuk juga dengan KCL sebanyak dua kali juga setiap tahun dengan dosis 0,2-0,5 kg per tanaman.
  • Tambahkan juga pupuk kiserit dua kali setahun juga sebanyak 0,1-0,2 kg per tanaman.
  • Terakhir tambahkan borax yang bisa diaplikasikan dua kali per tahun dengan jumlah dosis pemupukan 0,02-0,05 kg setiap tanaman.

Untuk tahap penerapannya yaitu pupuk N, P, K, Mg, dan juga B silahkan anda tebarkan dengan merata di area piringan yang berjarak sekitar 20 cm dari pokok utama hingga ujung tajuk daun. Sebaiknya pemupukan tahap pertama ini dilakukan di awal musim penghujan atau sekitar bulan September sampai dengan Oktober. Selanjutnya pemupukan tahap kedua dilakukan pada akhir musim penghujanatau sekitar bulan Maret hingga April.

Sedangkan untuk tanaman sawit yang sudah berumur 3 tahun keatas atau yang sudah berproduksi, dosis pemupukannya yaitu sebagai berikut :

  • Pupuk dengan urea dua kali dalam satu tahun dengan anjuran dosis 2-2,5 kg setiap tanaman.
  • Pupuk KCL bisa anda berikan sebanyak dua kali juga setiap tahun dengan dosis 2,5-3 kg per tanaman.
  • Pupuk kiserit bisa diberikan dua kali per tahun dlakukan setiap setahun sekali dengan dosis 0,75-1,0 kg per tanaman.
  • diaplikasikan dua kali setahun dengan dosis sekitar 0,05-0,1 kg per tanaman.
READ  Pengapuran Tanah

Metode pemupukan sawit adalah sebagai berikut:

  1. Untuk lokasi kebun sawit dengan tanah datar pupuk ditabur merata 0,5 m dari pohon kelapa sawit sampai pinggiran melingkar ( tabur secara merata).
  2. Sebarkan pupuk tepat kepada tanaman kelapa sawit yang mempunyai akar-akar rambut paling banyak. Letaknya kira-kira dekat mahkota daun bagian yang terluar dari kelapa sawit.
  3. Gunakanlah selalu alat takaran pemupukan kelapa sawit supaya dosis pemupukan bisa tepat dalam penggunaannya. Untuk pengguna pupuk cair takarannya adalah tutup botolnya lalu anda bisa langsung menyiramkannya di sekililing tanaman sawit atau dituang menggunakan ember.
  4. Waktu adalah faktor yang sangat menentukan efektifitas pemupukan tanaman kelapa sawit.  Pastikan Anda memupuk tepat waktu dan tepat musim sehingga tidak mengganggu pertumbuhan kelapa sawit Anda.

Cara praktis memupuk sawit antara lain:

  1. Disebar dari atau langsung ditabur di atas tanah.
  2. Taburkan di rorak-rorak atau di pinggir guludan. Rorak atau guludan adalah gundukan dan saluran air.
  3. Pemupukan dengan metode dibenam.
  4. Dimasukkan dalam tanah dalam bentuk cairan.
  5. Dimasukkan ke dalam batang. (Stem injection).
  6. Memupuk melalui daun (Nutritional spray).

Dari berbagai sumber.

, , ,